Rabu, 27 November 2013

Strategi Promosi Dengan Google Adwords


Bagi penggiat bisnis online, Google Adwords mungkin sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga. Google Adwords merupakan salah satu fasilitas yang diluncurkan oleh Google Inc. Fasilitas ini diperuntukkan untuk sebagai media iklan secara online. Ya, sama halnya dengan iklan yang umum kita lihat bertebaran dalam bentuk selebaran, baliho atau lewat media cetak dan elektronik dalam bentuk audio maupun visual. Hanya saja google adwords beredar dijaringan internet – online.

Mengenalkan produk kita melalui google adwords sebenarnya dapat memberikan banyak keuntungan. Namun tidak sedikit orang yang memanfaatkan fasilitas ini justru merugi. Kenapa? karena tidak adanya timbal balik setelah memasang iklan di google adwords, setelah memasang iklan dengan modal yang tidak gratis dan menunggu beberapa lama tapi tetap saja tidak ada transaksi dari konsumen atau bahkan yang paling parah, iklannya tidak tersentuh alias tidak di klik. Nah, bagaimana sebenarnya strategi promosi dengan google adwords yang baik? Disini saya akan coba membahasnya.

Strategi Promosi Dengan Google Adwords

Google adwords sebenarnya telah memberi penggunanya sebuah fungsi yang dapat dengan leluasa mengatur iklannya sendiri. Disini pengguna atau dalam kasus ini adalah anda sebagai pengguna Google Adwords untuk mengiklankan produk harus pintar untuk merinci target pasar anda. Pastikan anda telah menganalisa dengan tepat siapa konsumen dari produk yang anda jual atau siapa target konsumen yang akan melakukan klik pada iklan yang anda buat, mulai dari gender, lokasi dimana konsumen berada hingga jam berapa biasanya calon konsumen anda berselancar ria di internet. Dengan begitu ketika iklan anda tampil, iklan tersebut dapat dilihat oleh calon konsumen yang betul-betul bisa tertarik oleh produk kita – dengan kata lain tepat sasaran.

Selain dengan mengatur iklan seperti yang saya jelaskan diatas. Kita juga dapat menentukan target pasar menggunakan kata kunci. Dengan kata kunci tersebut, iklan anda dapat muncul pada halaman-halaman yang memang berkaitan dengan kata kunci anda. Jadi calon konsumen yang melihat iklan anda adalah orang yang benar-benar sedang mencari konten tersebut.

Tips selanjutnya adalah mengenai bahasa iklan. Bahasa iklan adalah hal yang memiliki peranan tinggi dari keberhasilan iklan yang anda pasang melalui Google Adwords. Bayangkan ketika iklan yang anda buat muncul sesuai target konsumen yang anda inginkan, namun mereka tidak kunjung melakukan klik karena tidak tertarik dengan judul iklan yang anda berikan. Sebaliknya calon konsumen malah melakukan klik pada produk yang biasa saja namun dengan bahasa yang menarik – tanpa mengetahui bahwa produk anda lebih baik. Untuk itu sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu untuk menentukan judul, atau setidaknya anda bisa mengarang sendiri judul dan deskripsi iklan yang tepat – singkat, padat, jelas dan menarik tentunya – bahasa iklan yang memancing calon konsumen untuk melakukan klik terhadap iklan anda. Jika sudah tertarik, tinggal bagaimana konten atau produk yang anda sediakan kepada calon konsumen yang melakukan klik pada iklan anda, apakah menarik atau tidak.

Selain mengatur target calon konsumen, hal lain yang perlu anda perhatikan adalah soal manajemen keuangan dalam beriklan. Karena Google Adwords memberikan keleluasaan penuh kepada anda sebagai pengiklan, sebaiknya anda menghitung terlebih dahulu berapa keperluan anda untuk dalam mengiklankan produk per-harinya. Dan dengan fasilitas report yang lengkap dari Google adwords, anda bisa melakukan analisa tentang keakuratan iklan dan perbandingannya dengan tarif yang keluarkan, apakah ada iklan yang tidak terlalu baik rasio klinya atau bahkan sama sekali tidak memberikan hasil.

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan itu semua, tak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak google adwords agency yang menyediakan jasa untuk mengatur kegiatan promosi Anda, dari analisa hingga monitoring di pasar. 

Silakan pilih yang tebaik bagi Anda. Semoga berhasil! :)

3 komentar:

  1. mas, kalo di google adword kan ngasih keyword suggestion sama berapa jumlah pencarian menggunakan kata kunci tersebut, nah yang ingin saya tanyakan bagaimana cara me-cek jumlah persaingan kata kunci yang akan kita target mas? Terima kasih sebelumnya atas informasinya mas.
    harga cmp

    BalasHapus